Senin, 10 Agustus 2009

fight or flight? (tempur atau tinggalkan?)

Ternyata ga cuma masa remaja yang dipenuhin masalah.

Semakin tinggi posisi, makin banyak angin niup. Makin banyak kafilah berlalu makin banyak anjing gonggong. Tuhan ga bakal ngasi cobaan tanpa kemampuan yang uda Dia kasi ke kita. Tuhan ga bakal ngasi cobaan yang biasa aja buat ummatNya yang ga biasa. Kita ga bakal dibiarin ngatain (doa) sesuatu ke Dia tanpa nguji dulu kita
da pantes apa blom untuk dapat pengabulan doa itu.

Seberapa banyak dari kita yang uda siap untuk jadi tinggi?

Here's a story.

Doa yang akhir-akhir ini semakin saya renungi, semakin saya dalami artinya, semakin saya ucapkan dengan lantang, dan semakin saya harapkan untuk dikabulkan. Mungkin bakal terdengar kayak roman murahan, biarin, saya mau bikin yang uda ada tambah murahan lagi. "Mantapkanlah hatinya untukku, mantapkan hatiku untuknya." satu lagi buat saya ndiri yang dari dulu selalu jadi kalimat pertama "ijinkanlah aku mempelajari belajar bagaimana cara belajar".

Tanpa cobaan? Ya ga lah.

Cobaan pertama, diri saya sendiri. Skeptisisme uda jadi ciri Niqi. ga bakal percaya mpe ada bukti konkrit yang ada depan mata, dan saya bakal ngejar mpe detil terkecil untuk permasalahan tertentu. Cuma beberapa orang yang berhasil mbuktiin ke saya kalo mereka bsia dipercaya, sebut nama da...Aang, Galih, Manta, Udri...dan yangg terakhir adalah Pramadhani Reihan Tuasikal. Maap ya sayang kalo aku kadang-kadang ngintrogasi kamu kayak polisi yang nyari bandar narkoba di kamu. Kepercayaan adalah sesuatu yang kita dapat, bukan minta. Bagi kalian yang ngeminta kepercayaan, berarti kalian belum pantes. Makasih sayang. Kamu yang ngajarin aku untuk percaya.

Cobaan kedua, jarak. Kalo kalian yang ngeremehin orang yang LDR ni kata buat kalian EEK. Compassion, faith, and how big is your love and integrity is tested. Saya ga bilang loyalitas, mau tau bedanya? Cari skripsi saya di perpus Psi UII. Sumpah, kalo ini (keterpisahan) ternyata jalan selamanya saya bener-bener ga tau neraka itu parahnya kayak apa lagi.
Lebay? emang koq, dijamin lebih sakit dari apapun yang ada di otak kita.

Cobaan ketiga: Ortu. Bukan ga nyetujuin masalah pasangan, tapi Yang Diatas ngasi ujian dari mereka. Saya semakin sadar kalo saya semakin jauh dari arah pemikiran mereka. Mereka mau saya kaya, saya ga mau, cita-cita saya untuk kaya uda ditelan bumi kayaknya. Mereka maksa untuk ikut training tertentu, HEY, saya psikolog, saya ga bisa ngeliat satu training bahkan dengan sebelah mata untuk ngliat kebodohan mereka yang ga ngelakuin post test dari hasil training. Lagian, dari perilaku keluarga saya yang semuanya ngikut, ga keliatan tuh ada perubahan signifikan. Jadi terbuang lah itu duit 500ribu. Lumayan lah, saya disogok dengan Audio converter seharga 3 kali lipatnya.
Ortu hobi nonton berita teroris akhir-akhir ini. Saya uda nyoba ngasi tau dengan implisit kalo kita sering dibodohi, dengan fakta hari ini Nurdin mati, besok idup lagi, padahal jelas-jelas polisi tuh mukulin orang untuk maksa mereka jadi "teroris yang ketangkap" beberapa kali di republik tercinta ini. dan mereka ga bosen dibodohin, heraaaaaaaaaan.
Seandainya Dia tuh ga nyuruh ngabdi ma yang namanya ortu mungkin uda ga dirumah saya sekarang.
Ni yang mau saya bilang, HEY YOU GUYS JUST OLDER, IT DOESN"T MEAN YOU SMARTER THAN ME. Durhaka? Ga juga ah. Orang tua mana sekarang yang masi mau minta tolong dan bukannya merintah ma anaknya, minta maaf terang-terangan kalo punya salah, dan makasih yang tulus kalo dibantu? INGAT beruntunglah kalian kalo punya ortu kayak gitu. Sapa yang durhaka sekarang?

Ni format koq jadi menggila gini sie?

Saya juga ngerasa koq, bagi kalian yang mbaca ini bingung saya ni orang yang kayak apa, religius apa rasionalis. Saya kira malaikat juga ga bakal bingung nyatet dosa saya yang buaaanyaaak. Dan saya yakin Islam agama yang paling rasional. Bagi kalian yang cuma taqlid buta
EEK JUGA!!!
Lantas, fight or flight? bakal ada banyak pertimbangan, ato ga ada sama sekali. Toh trial and error banyak ngehasilin ilmuan penting kok.


Ni Om Jason lagi nyanyi on love in sadness, saya banget lah pokoke.
(Om mantep tuh konser di singaporenya, I'm yours on slow version, you're the man!)





2 komentar:

  1. hmmm. rada panjang ni. ak skalian curhat. hehehehe.

    kalo ak ya, dengan pasti bilang itu bukan durhaka. cm km aja yg akhirnya ngungkapin apa yg sebenarnya semua anak rasain n pikirin. baru kamu yg ngungkapin dengan serius, ngeblog segala. anak lain mungkin cuma ngutuk2 dlm hati aja selama ini. ak ngerasain juga. sering. dari dulu ampe sekarang, yg ak harap ak dah di anggap dewasa dan akhirnya akan ada sedikit perubahan dari papa mamaku terhadap ak, ternyata gag juga! dari dulu sering bgd ngerasa n mikir gitu ampe muak juga malah kadang2.

    apalagi kalo dah anak kyk ak. yg dengan segala posisiku, papa mamaku nganggep ak seutuhnya urusan mereka. jadi ak akan selalu salah dan tidak tau apa2, dan mereka akan tetap jadi yg plg benar dan tau segalanya.

    masak mao minta ijin keluar mlm pertama kali ama tmn2 aja, papaku bisa tanya KENAPA AK HARUS IKUT TEMEN2KU dan itu ak jawab dengan lengkap, padat, jelas, dan logis. dan pas ak balik nanya KENAPA GAG BOLEH, papaku cm jawab YA GAG BOLEH!

    truuuusss, tentang doamu yang. AMIIIINNN. itu juga yg selalu kuucapin pas berdoa. dan yg sejenisnya kyk 'ya Allah, kasi dia emang buat ak' atau 'kasi semua yg terbaik buat dia, buat kita berdua' atau apalah! AMIIIINNN.

    oh ya sayang. plis stop adoring me! nangis lagi ni ak. for once again, i just really do wonder how could you love me so deep. even i ask myself back, and never find the answer too. hahahahahhaha.

    AKU SAYAAAANNGGG KAMUUU!!!

    ntar ya ak kirim potoku pekta 2 hari ini.

    BalasHapus