Selasa, 21 Juli 2009

fallacy


HI N, sekarang tanggal 21 Juli 2009.

Banyak yang mau diceritain, I just don't know where to start.

Hmmm....Ditemenin Oxygennya Colbie yang ngingetin suasana kamarnya Ihaan, God, I miss her so much. Can you just snap your hand and make her here with me forever?

Baru kemarin ditelepon pihak HELP (kayak bahasa berita aja), kabar buruk, ada bagian form yang ga keisi lengkap, berita baiknya tu bagian bisa dikirim via email, but it still annoying, however I have to take care of it as soon as possible. Anehnya, saya lupa nanya nama tu orang yang uda baik banget mau nelpon calon muridnya di hari libur. Ceroboh? Iya.

Kemarennya lagi, nengok kakaknya ayah yang paling tua (Ibu ga suka ma tu orang, palagi istrinya) yang baru selese operasi katarak mata beberapa hari sebelumnya. Saya juga ga punya respect yang seharusnya bisa ditujuin ma orang yang dituakan. Seniorisme tentu bisa dibedakan dengan gampang dari kedewasaan yang punya atribut wisdom di dalamnya. Banyak banget keluhan kesehatan yang keluar yang bikin saya mikir, apa kita semua bakal se vulnerable tu orang? Apa kita bisa ngenikmatin masa tua kita dengan tenang tanpa perlu mikirin orang lain lagi? Apa kita bisa mati dengan tenang terus orang-orang ga perlu histeris karena mereka bisa nerusin hidup mereka tanpa kita? Apa kita semua bisa nangkal (mungkin "mengantisipasi" kata yang lebih tepatnya) semua yang bakal kejadian ma kita?

Mengantisipasiong (kata para bencong) lebih baik daripada mengobati. Tapi gimana caranya? Pertama tentunya kita harus tau semua yang bakal kita hadapin dan akibatnya ma kita, masalahnya ga semua masalah bisa dijelasin dengan jawaban sebab-akibat. Terlalu banyak faktor penyebab yang ada dalam sebuah akibat? Beberapa pemikir lebih memilih make pendekatan empririsme, kita belajar melalui pengalaman kita, menganalisanya terus menarik kesimpulan biar kita ga jatuh ke lubang yang sama dua kali.

Kesalahan lain lagi, kita ga ngeliat gimana kita bisa salah. Manusia juga punya kecenderungan untuk cuma merhatiin ma fakta (ato pandangan akan fakta) yang ngedukung hipotesis yang dia buat, bukan fakta yang justru mengeliminasi dan ngbuktiin kalo yang dia pikir itu salah. Eksperimennya, kebanyakan para peneliti ilmu sosial bikin alat ukur yang berisi pertanyaan yang ngebuat tester mereka cenderung ngejawab "ya" diatas hipotesis yang mereka buat, sementara pecatur cerdas berusaha ngebuktiin kalo strategi yang dia bikin itu ga bisa bikin dia menang (empirisme negatif).

Permasalahannya lagi, terlalu banyak bias yang kita dapat dari pengalaman kita sendiri. Terlalu banyak sudut pandang yang berbeda untuk memandang peristiwa yang sama, jawabannya kita harus bisa ngeliat semua fakta sebagai fakta (dimana kebanyakan manusia, apalagi saya, ga mampu). Manusia cenderung punya kelemahan untuk ga nambah-nambahin sesuatu dalam cerita yang di sampein ke orang lain.

Bagi saya, kita ga perlu repot-repot nganalisa masalah terlalu dalam, seperti saya bilang sebelumnya, saya penganut holistisisme. Kita bisa memecahkan masalah lewat pengalaman yang dianalisa dengan sebab-akibat, dengan sedikit pengambilan resiko, dan keberuntungan. Jalan yang ditempuh adalah bagaimana bikin diri kita pantas buat keberuntungan itu, gimana kita manfaatin semua kesempatan baik-baik, bukan dengan nunggu kesempatan baik buat datang tapi manfaatin keadaan kita sekarang sebagai kesempatan yang harus di isi dengan baik, ngebuktiin ke orang lain kalo kita pantes dapet kata "ya" dari mereka, dan tanyain diri kita ndiri, apa yang uda kita lakuin ma kesempatan yang ada sekarang?

Kita emang sering di hadepin ma situasi yang maksa kita bikin keputusan di tengah informasi yang ga lengkap, situasi yang bikin emosi, situasi yang maksa kita buat ngeluarin nada suara yang lebih tinggi dari seharusnya ke orang lain, tapi itu yang bikin manusia itu manusia.

Terus? Bagi saya, kita ga perlu susah meras otak untuk hidup, jalanin aja, pada kenyataannya uda begitu banyak pahlawan yang hidup diantara kita tanpa kita tau mereka berjasa buat kita, vox clamantis in deserto, dan mereka uda bahagia tanpa validasi dari orang sekitarnya, karena mereka uda ngerasa cukup diberi keberuntungan untuk mbikin hidup orang lain lebih baik. Saya harap lewat tulisan ini ada orang yang hidupnya bakal lebih baik. Saya beruntung untuk bisa ada di dunia ini, beruntung untuk bisa tumbuh, dan beruntung untuk bisa ketemu Ihaan dan cuma itu yang bedain orang sukses ma ga. Terserah mau percaya apa ga, kalo ga, silakan mendebat.

N, kita banyak pake perasaan dalam idup, banyak pesan yang tersampaikan itu yang di tangkap adalah cara nyampeinnya, bukan bener-bener isi pesannya. Lantas apa sebenernya emosi itu? Menurut saya, adalah intelejensi yang terautomatisasi, dapetnya dari pembelajaran yang ga kita sadari, bisa salah, tapi bisa di benerin. Manusia punya itu, makanya pemberitaan yang objektif itu nyaris mustahil bisa di dapet, makanya lagu cinta banyak yang laku, makanya kisah sedih satu orang lebih menyentuh daripada data statistik korban lapindo.

Perasaan yang ada sekarang, bosen ga ada kerjaan dan berusaha ngisi dengan kerjaan yang bisa berguna, kangeeeeen berat ma orang yang nemenin saya in my weakest time, the one who makes me cry in the middle of the night, who makes me laugh in the middle of my pain, the one who cares if I live or die, the one who texts me all day, the one who has the most beautiful smile I've ever seen, the one who has the hair smell I missed so, the one who has a pair of eyes that I won't be bored to stare at, even when she was sleeping.

3 komentar:

  1. hmmmmm...
    apa ya???

    (mao komen aja bingung!
    emg sapa yg wajibin kamu komen, dhan?
    kalo gag tau mo komen apa ya gag usah komen.
    hahahahahahaha)

    it isn't a fallacy, hunn!

    BalasHapus
  2. hmmmm.

    mikirin sebab akibat yg gag pernah ada polanya itu cuman bikin stres sayang.
    makanya ak gag mao tau lah mo kita bakal gimana2 besok.
    yg ak tau AKU SAYANG BANGET MA KAMU dan ak akan berusaha dan bertahan untuk itu.

    gombalmu tuh ngikutin ak aja! yg di komenku di post black swan fenomenom-mu itu. hahahahahahahahahaha.

    BalasHapus
  3. sayang, ak gag mikir buat nyari selain kamu.
    yg kupikir gag bakal ada yg kayak kamu lg di dunia nih!
    makanya AKU CUMA MAO KAMUU!!!

    BalasHapus