Minggu, 12 Juli 2009

HistoryJumps



Hi N.

Sekarang, 12 July 2009. 1306 WIOI. Lokasi: Kamar kanan utara rumah.

Hari ini 4 bulanan jadian saya ma Ihaan N, happy day for both of us, not a really happy day for Ihaan's family. Salah satu anggota keluarga Ihaan ada yang meninggal yang bikin Ihaan langsung berangkat pake first flight today to Ambon straightly. God's call. Salah satu Black Swan Retrospektif. Pertanyaannya: Seandainya ada firasat, apa itu disadarinya selalu setelah kejadian?

Kemarin, Ayah ultah, sekeluarga diajak jalan ke Handil. Itu salah satu daerah pedalaman KalTim yang lagi dibangun, secara ga merata. Di beberapa daerah ada yang aspalnya uda bagus, terus mulai banyak muncul toko pulsa, yang berarti banyak diantara penduduk yang uda punya happy, ato lagi gencar nyari HP buat ngesejajarin posisi status sosial, sementara tempat lain ngenikmatin rasa irinya. Kami ke tempat keluarga yang ada di Handil VI, tanahnya putih, yang sebenernya bukan tanah, tapi pasir karena letaknya di dekat pantai. Asal kata handil dari kanal-kanal yang dibuat untuk ngairin ma buat transportasi tu kelapa-kelapa buat dijual ke kota, Samarinda, duluu....Sekarang ya da pake mobil. Catatan: Prospek bagus buat pembagunan pariwisata Kal-Tim, seandainya pemerintahnya lebih cerdas dan punya prinsip yang bener.

Kami ngelewatin jalur yang baru di bangun beberapa tahun belakangan. Jalannya aspal, dan tanah, lebih banyak tanahnya masalahnya jalan aspalnya berlubang uokehe pol yang bikin perjalanan sumpah ga ada enak-enaknya. Yang bikin heran, tu kiri kanan jalan penuh bekas garukan alat berat buat ngangkut batubara. Kalo garukannya sebanyak itu, tentu pemerintah nerima pemasukan yang banyak buat ngehalusin aspal, ato seandainya pemerintah Kal-Tim punya nyali, maksa tu perusahaan-perusahaan untuk punya CSR, mbaikin jalan yang mereka juga pake sehari-hari. Banyak solusi yang bisa dicapai, KALO MAU.

Terus di tengah jalan saya ma fikri (adik pertama) kebelet pipis. mampirlah di pinggir jalan yang punya jalan masuk kecil berpasir putih juga. Saya mulai, fikri belum, kresek2, monyet lompat-lompat deket TKP. Saya mah tenang aja, fikri bilang "jagain!"Ha..ha...ha.... Pertanyaan lanjutan, kalo hutan mereka dibabat abis ma perusahaan batubara itu, mau tinggal di mana lagi? Jawabannya uda mulai muncul, tu monyet pada lari ke pemukiman ma kebun masyarakat. Kebun kelapa punya kakek saya uda banyak yang di rusak ma tu monyet-monyet kata keluarga yang di handil VI tuh.

Saya yakin pemerintah uda ada yang berusaha buat bikin tu perusahaan tanggung jawab ma yang mereka lakuin ma Hutan Hujan KAMI!!! Tapi saya yakin, masih terlalu banyak juga pihak pemerintah yang tunduk ma godaan materi yang ditawarin perusahaan khusus buat pribadi-pribadi tertentu dan mereka terlalu kuat untuk dilawan ma pemerintah yang baiknya. Terlalu banyak pihak pemerintah yang serakah memperkaya diri sendiri tanpa mikirin nasib anak cucunya, nasib rakyatnya, ato bahkan nasib dia sendiri di hari kelak. Terlalu banyak pihak pemerintah yang punya terlalu banyak kekuatan untuk maksa bawahannya tunduk tanpa berpikir rasional (taqlid buta: kebanyakan kejadian di pesantren, dan mulai merambah pimpinan PNS kita). Terlalu banyak pemerintah yang ...BABI!!!

Uda saatnya kita bangkit, Kal-Tim bangkit, Indonesia bangkit dalam kedamaian ma kesejahteraan sosial yang proper for our society. We've been fooled long enough by our leaders. Lantas gimana? Salah satu cara saya adalah, tidak memilih. Saya AKAN memilih seandainya sistem pemilihan kita bener. Sistem yang ga ngeharusin dan malah ngelarang tu capres ma cawapres ngeluarin duit buat kampanye, yang bikin semua kampanye adil, yang ngebikin kita semua tau track record kerja mereka (sebener-benernya, saya anti antek soeharto yang mimpin perlawanan terhadap "pemberontak" Tim-Tim dan memperkerjakan mantan ketua BIN untuk jadi ketua salah satu tim kampanyenya), dan sistem yang bikin semua orang bodo di Indonesia ga punya hak pilih. Cara laen, cepet-cepet nyelesein study, selain buat nikah (semoga ma Ihaan ya Allah), cepet-cepet juga punya kuasa ato ga gabung LSM buat nyelamatin OUR RAIN FOREST!!! For a better future, not only Indonesia but also EARTH.

Barusan mati lampu lagi, kalimat penutup keapus. Sekarang lagi dengerin Lukisan Pagi hasil aransemen ulang Tohpati yang ngedinginin suhu udara kamar yang puanaas, dan bikin kangen berat ma Ihaan. Please tell her N!

History jumps, not crawls. Indonesia Elefirst!

1 komentar:

  1. hmmm
    komen apa y?
    dah pindah blog ampe dah punya 2 blog
    masi berat2 aja nulisnya

    tp ak jadi pengen juga ni kapan2
    nulis yg dipikirin juga
    jan yg dirasain aja

    oh y
    iya yang!
    nikahnya ma aku aja
    hahahahahahahaha

    BalasHapus